Information Detail

Kunjungan Edukasi & Sosial SMPIT Al Ishmah 2023 Visit Bandung

Rabu (01/11/23),  Dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka, SMPIT AL ISHMAH melaksanakan kegiatan kunjungan edukasi dan sosial ke Bandung, kegiatan yang di ikuti siswa-siswi kelas 7 hingga kelas 9 ini mengangkat tema “Menjadi pribadi istiqomah dalam mencintai Al-Qur’an, senang berbagi untuk meraih sukses masa depan”.

Kegiatan kunjungan edukasi diawali dengan mengunjungi Wisata Qur’an Penerbit Syaamil, Wisata Quran merupakan sebuah kegiatan yang diinisiasi oleh Syaamil Quran sebagai sebuah fasilitas untuk masyarakat agar bisa melakukan kunjungan sekaligus Wisata Religi dan melihat bagaimana proses percetakan Al-Quran Syaamil dilaksanakan.

kegiatan dimulai dengan salam sapa perkenalan dari manager serta staff Syaamil Quran, dilanjutkan dengan games yang menginspirasi serta memiliki arti positif. Kemudian siswa-siswi diajarkan bagaimana amalan yang bisa dilakukan untuk memperkuat hafalan dengan menulis Mushaf menggunakan Mushaf Tulis dari Syaamil Quran sebagai salah satu media yang bisa digunakan.

 

Puncak dari kegiatan ini adalah dengan melihat proses pencetakan Quran, dimana disini siswa-siswi diajak melihat tahapan percetakan Al-Qur’an mulai dari kertas-kertas yang bertumpuk sampai menjadi mushaf-mushaf yang tersusun rapih, dimana pada setiap stepnya dilakukan Quality Control agar Al-Quran yang akan diedarkan sudah sempurna tanpa kekurangan sedikitpun.

Setelah belajar di dalam ruangan tertutup, siswa-siswi SMPIT Al Ishmah kemudian melakukan pembelajaran di luar ruangan yaitu ke Saung Angklung Udjo, Saung Angklung Udjo merupakan sebuah tujuan wisata budaya dan edukasi yang lengkap, karena memiliki arena pertunjukan, pusat kerajinan bambu dan workshop untuk alat musik bambu.

Di arena pertunjukan, siswa-siswi disuguhkan pertunjukkan spektakuler, diantaranya adalah Demonstrasi Wayang Golek, Helaran (upacara tradisional khitanan), Tari Tradisional dan Drama Musikal. Yang lebih menarik, disini siswa-siswi diajak untuk memainkan alat musik tradisional angklung secara kolosal dan menari bersama sebagai penutup acara.

Selesai pertunjukan, siswa-siswi SMPIT Al Ishmah langsung menuju destinasi ketiga kunjungan sosial ke Sentra Tunanetra Wyata Guna, disini siswa-siswi belajar berbagi kepada para penerima manfaat serta belajar menulis braille.


Siswa-siswi juga diajak melihat pencetakan buku braille, mulai dari kertas-kertas yang bertumpuk sampai menjadi buku-buku yang tersusun rapih

Kegiatan kunjungan sosial ke Sentra Tunanetra Wyata Guna ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa syukur serta memberikan pembelajaran yang berharga untuk siswa-siswi.

 

Oleh : Dodi

Video Dokumentasi Kunjungan Edukasi & Sosial : Klik Disini

Komentar


Tinggalkan Komentar Anda

Email anda tidak akan dipublikasikan. Email aktif tetap wajib diisi